Analisis Sentimen Media Sosial


 


Analisis Sentimen Media Sosial: Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

 

 

Apa itu Analisis Sentimen?

"Analisis sentimen di media sosial adalah cara kamu mengetahui bagaimana respon audiens tentang brandmu di media sosial"

Pentingnya Analisis Sentimen

Analisis sentimen di media sosial terkadang disebut “penggalian opini” karena kamu harus menggali kata-kata dan konteks untuk memahami opini yang audiensmu ungkapkan

 


 

* Memahami Audiens 

Analisis sentimen di media sosial pada campaign yang sedang berlangsung dapat memberitahumu dengan cepat ketika preferensi dan keinginan pelanggan berubah. Selain itu juga membantu mengetahui perubahan yang diharapkan audiens dari brandmu. 

* Meningkatkan Layanan Pelanggan

Manfaat selanjutnya adalah untuk meningkatkan layanan dan dukungan untuk pelangganmu.Ini dapat memberi info ke tim layanan dan dukungan tentang masalah baru yang dihadapi pelanggan kemudian kamu dapat menyiapkan respon dan strategi yang tepat untuk mengatasinya.

* Menyesuaikan Pesan Brand dan Produk Development

Saat kamu memantau sentimen sosial dari waktu ke waktu, kamu akan memahami bagaimana pesan brandmu dapat mempengaruhi perasaan followers.

Kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang apa yang sebenarnya audiensmu inginkan sehingga kamu bisa mendapatkan strategi bisnis dan pengembangan untuk produk selanjutnya.

* Memahami Posisi Bisnis di Niche yang Tepat 

Menganalisis sentimen dapat membantu kamu memahami posisi bisnis di niche yang tepat sehingga kamu juga bisa menjangkau audiens dengan pesan yang tepat.

Ini juga bisa membantu memahami bidang bisnis yang unggul untukmu dan hal yang perlu kamu tingkatkan untuk bisnismu.

Misalnya kamu menemukan komentar di media sosial kalau restoranmu memiliki desain interior yang bagus, makanan yang enak dan wifi yang cepat. Tetapi pelanggan di media sosial tidak senang dengan parkir yang sempit dan pelayan yang tidak ramah

 

 

 

Komentar